Yusep Hermawan
Blog Universitas Komputer Indonesia

Kota Masa Depan di Uni Emirat Arab

 Kota Masa Depan di Uni Emirat Arab
 
Kota masa depan UEA yang futuristik dan ramah lingkungan, Masdar/BBC
Kota masa depan UEA yang futuristik dan ramah lingkungan, Masdar/BBC

UNI Emirat Arab seperti tidak henti-hentinya mengeksplorasi dan inovasi negaranya, menjadikan negara ini salah satu destinasi pariwisata favorit.

Tidak berhenti dengan menciptakan pulau buatan yang berbentuk palem dengan bangunan-bangunan canggihnya, UEA akan segera membangun kota masa depan berikutnya.

Dikutip dari BBC Senin (31/10/2011),  tahun 2025 akan muncul kota baru bernama Masdar. Tidak seperti Abu Dhabi yang mengeksploitasi habis alamnya untuk membangun negara futuristic, Masdar dirancang akan menjadi kota modern yang ramah lingkungan. Kota ini akan memiliki nol karbon, tanpa limbah kota, dan menggabungkan teknologi dan desain masa kini dengan ukuran tradisional.

Masdar berlokasi di sebuah padang pasir yang berjarak sekitar 16 kilometer dari Abu Dhabi. Kota seluas 6 kilometer persegi ini dirancang oleh Foster dan sedang dalam fase pertama pembangunan, dan saat ini Institut Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Masdar sedang dibangun. Mobil dan truk akan dilarang berada di dalam kota dan transportasi dialihkan ke terowongan bawah tanah, sehingga jalan-jalan kota hanya untuk pejalan kaki saja.

Kota ini nantinya akan menjadi rumah bagi 50 ribu  orang, dengan pembangkit energi yang sepenuhnya bergantung pada matahari, angin, dan sumber energi lain yang dapat diperbarui. Sebuah pabrik desinalisasi akan menyediakan air yang 80% akan di daur ulang. Limbah biologis akan dirubah menjadi pupuk.

Sebuah zona ekonomi khusus akan dibuat di dalam kota untuk mendorong energi yang dapat diperbarui dan juga perusahaan yang ramah lingkungan. Saat ini seiring pembangunannya, kota masdar terus dipromosikan ke banyak negara, mencari pengusaha yang mau berinvestasi pada kota ramah lingkungan di bawah sinar matahari ini.

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 04 November 11 - 01:41 WIB
Dalam Kategori : UNI EMIRAT ARAB
Dibaca sebanyak : 1134 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback